Bakureh di Kampai

Vlog by @dyahroro Kampai, Kota Solok, Juni 2018

Bakureh atau masak basamo (masak bersama) adalah salah satu tradisi gotong royong masyarakat Kelurahan Kampai Tabu Karambia (KTK) Kota Solok, maupun masyarakat Minangkabau secara umum. Tradisi ini biasa diselenggarakan menjelang pesta adat, pernikahan, kegiatan kepemudaan, syukuran kampung, dan lainnya. Memasak biasanya dilaksanakan oleh ibu-ibu, selain memang sudah menjadi kebiasaan, memang banyak dari kaum ibu lah yang memiliki skil memasak dan meracik bumbu. Tidak tertutup kemungkinan laki-laki pun ikut dalam kegiatan ini.

Selain itu, dalam bakureh biasanya warga, khususnya ibu-ibu datang tidak hanya sekedar untuk memasak, tetapi juga untuk menjaga silaturahmi, berkumpul, bergosip, dan lainnya. Biasanya beberapa ibu juga membawa anaknya, baik untuk memperkenalkan anaknya, juga untuk mempelajari skil memasak dari banyak orang tuanya.


Dyah Roro Puspita Asmarani (Solok, 1996), biasa disapa Roro. Lulusan Informasi Perpustakaan dan Kearsipan di UNP. Pernah aktif berkegiatan di Teater Oase, Unit Kegiatan Kesenian UNP. Pernah terlibat dalam pertunjukan pantomime “Coolartboration” UKKES UNP (2015). Dan terlibat dalam pertunjukan “Teater Di Kampung Jawa” yang diselenggarakan Gubuak Kopi (2016). Pada tahun 2018 ia juga mengikuti program Daur Subur untuk Bakureh Project di Solok. Saat ini bekerja sebagai pegawai kontrak di ATR/BPN Kota Solok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.