Taman Rongsokan

Vlog by @albertrahmanp | Jalan Lingkar Utara Solok, Agustus 2019

Taman Rongsokan berada di Jalan Lingkar Utara, Kota Solok tepatnya di persimpangan menuju Tempat Pembuangan Akhir Regional Solok. Taman ini diinisasi oleh Dinas Lingkungan Hidup. Lokasi ini ditata dengan barang-barang bekas atau rongsokan besi-besi yang terdapat di sekitaran lokasi TPA. Taman ini baru saya sadari pada pertengahan tahun 2019, dan memutuskan untuk berkunjung.

Sedikit agak sulit memasuki taman ini, tidak terlihat pintu masuk, kecuali melalui pintu gudang pengolahan rongsokan, dan melewati teras kantor. Kondisi ini saya kira sekilas membuat publik ragu, apakah taman ini boleh diakses publik atau tidak. Dengan izin dari sejumlah orang yang tengah menimbang rongsokan layak olah di sekitar lokasi itu, saya dan beberapa teman memasuki taman itu.

Sepertinya taman ini sudah cukup lama dibuat, dan sudah lama pula tidak diakses publik ataupun dibersihkan. Walupun begitu, inisiatif itu menarik untuk diapresiasi. Dengan menyediakan beberapa fasilitas, seperti pintu masuk, serta perawatan kebersihan, tentunya menarik untuk melewati sore di sini. Menyimak mobil-mobil dan remaja berlalu lalang, ataupun menginspirasi publik lainnya untuk mendayagunakan rongsokan.


Albert Rahman Putra, biasa disapa Albert, adalah seorang penulis, kurator, dan pegiat budaya. Merupakan lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, dengan fokus studi pengkajian seni karawitan. Dia adalah pendiri Komunitas Gubuak Kopi dan kini menjabat sebagai Ketua Umum. Albert aktif sebagai penulis di akumassa.org. Ia juga memiliki minat dalam kajian yang berkaitan dengan media, musik, dan sejarah lokal Sumatera Barat. Manager Orkes Taman Bunga. Tahun 2018 bersama Forum Lenteng menerbitkan buku karyanya sendiri, berjudul Sore Kelabu di Selatan Singkarak. Ia merupakan salah satu kurator muda terpilih untuk program Kurasi Kurator Muda yang digagas oleh Galeri Nasional Indonesia, 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.