Sureq adalah salah satu platform pemetaan narasi dan peristiwa kebudayaan lokal, dan sejarah lokal dari sudut pandang anak muda di Parepare, Sulawesi Selatan. Platform ini bagian dari proyek residensi Komunitas Gubuak Kopi (Albert Rahman Putra & Biahlil Badri) dalam rangkaian Makassar Biennale 2021: Sekapur Sirih, di Parepare.

Makassar Biennale adalah perhelatan per-dua tahun yang diselenggarakan oleh Yayasan Makassar Biennale dan Tanah Indie di Sulawesi Selatan. Perhelatan ini mengusung tema Maritim: Sekapur Sirih, sebuah upaya menggali aspek pengetahuan lokal, khususnya mengenai pangan dan pengobatan dalam arti yang lebih luas. Dalam MB 2021, Komunitas Gubuak Kopi (Albert Rahman Putra dan Biahlil Badri) terlibat sebagai seniman residensi, narasumber forum dan diskusi.

Selama residensi, Komunitas Gubuak Kopi bersama kelompok Setangkai Bunga Makka, berkolaborasi merespon narasi-narasi tentang Kota Parepare dalam sudut pandang sejarah publik. Menghubungkan narasi besar dan narasi yang berkembang di kalangan warga, sebagai upaya mengimbangi narasi besar tersebut dan mengakselarasi keterlibatan anak muda dan warga dalam menentukan sejarah kotanya. Menyoroti ruang-ruang kecil, seperti kedai, komunitas, dan lainnya sebagai simulasi institusi sejarah kontemporer; menghubungkan narasi lampau dengan persoalan yang relevan di hari ini; serta membicarakannya secara performatif.

Selama berproses, Komunitas Gubuak Kopi mengunjungi ruang-ruang kecil, ruang-ruang berkumpul tempat pertukaran informasi dan memantik obrolan melihat sejarah dari sudut pandang kita sebagai warga. Proses ini ditindak lanjuti dalam bentuk forum diskusi terarah di Rumah Putih, bersama 10 anak muda Parepare. Diskusi dirancang untuk menindak-lanjut narasi tersebut dan kemungkinannya untuk membangun keterlibatan lebih luas lagi dalam menarasikan kota. Hasil diskusi ditindaklanjuti dengan membuat platform “sureq”; mengumpulkan dan mendistribusikan kisah-kisah tentang dan dari to maradeka (orang merdeka/orang biasa).

Partisipan: Syahrani Said, Soraya Ayu Ananda, Muhammad ikhsan, Ilham Mustamin, Ronald Edy, Ardiansyah, Arif S Pramono, Mohd. Alpian Shah, Andi Musran, Zafran Fais, Denni Adipura, Muh. Ismail Makmur.

Situs terkait:
makassarbiennale.org
artefact.id
instagram: @makassarbiennale

FGD - Sejarah Publik di Rumah Putih