Residensi dan Open Studio Tutur Galur

Pada Juli-Agustus 2023 lalu, Komunitas Gubuak Kopi yang diwakili oleh Albert Rahman Putra, Biahlil Badri, Hafizan, dan Zekalver Muharam melakukan residensi singkat di Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat. Residensi ini diselenggarakan oleh Pekan Kebudayaan Nasional dalam kuratorial program Rekam O-Rama – Berliterasi Alam dan Budaya, yang dikuratori oleh Heni Wiradimaja, Anita Bonit, dan Nasha Razak. Program ini mengundang Komunitas Gubuak Kopi untuk mengembangkan praktik literasi media bersama warga Galur, khususnya dalam memeperkuat inisiatif warga dalam membaca (merefleksi dan dan menggali) potensi lingkungan sekitar. Proyek ini kemudian diberi tajuk Tutur Galur.

Selama proses residensi, Komunitas Gubuak Kopi melakukan sejumlah pertemuan bersama warga dan pengambil kebijakan lokal, menyelenggarakan lokakarya literasi media, mendorong warga untuk melakukan pendokumentasian dari sudutpandang warga itu sendiri, serta berkolaborasi untuk melakukan produksi artistik dan presentasi publik dalam bentuk pameran. Selain itu proses dan pemikiran terkait proyek ini juga didokumentasikan dalam bentuk buku.


Residensi 29 Juli – 29 Agutus 2023
Presentasi Publik di Galur / Open Lab 26 – 28 Agustus 2023

Mampir ke halaman portofolio proyek: Tutur Galur


Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.