The Pos Ronda Project di Seoul

The Pos Ronda Project adalah proyek seni yang digagas oleh Komunitas Gubuak Kopi sebagai pengembangan dari platform Daur Subur sejak Maret 2022 lalu. Proyek ini berupaya mengaktivasi pos ronda sebagai institusi alternatif warga dalam mengupayakan kesalamatannya sendiri. Proyek ini terdiri dari serangkaian pertemuan, aktivitas bersama warga, open lab, dan produksi buku.

November 2022 lalu Pos Ronda Project dipresentasikan dan hadir di pameran tematik yang diselenggarakan oleh ARKO Art Center, Seoul, Korea Selatan. Pameran yang tajuk kuratorial “Local in The Making” ini mengusung wacana dan ide mengenai kehadiran lokalitas sebagai sebuah proses di mana berbagai hubungan sosial bersinggungan, bertransformasi, dan mencipta, melepaskan diri dari konsep lokalitas yang sudah baku. Ini didasarkan pada persepsi baru tentang solidaritas dan kepedulian, cara hidup yang kompleks, dan lokalitas yang berubah. Pameran ini mengkaji berbagai aspek penciptaan dan penyebaran lokalitas melalui berbagai proyek dari 14 tim berdasarkan hubungan artistik temporer.

Sejalan dengan tema tersebut, The Pos Ronda Project hadir sebagai ruang konseptual, yang memungkinkan dialog dan aksi untuk warga mengikat kepetingan bersama pada ruang hidup yang mereka inginkan. Dalam pameran ini The Pos Ronda Project menghadirkan sejumlah catatan-catatan dan bingkaian persoalan dari sejumlah pertemuan antar tetangga di Kampung Jawa, Solok, yang difasilitasi oleh Komunitas Gubuak Kopi, serta ruang bermain domino untuk membangun keterhubungan emosional.

Pada pameran ini, Komunitas Gubuak Kopi juga menghadirkan pertunjukan bunyi-bunyian pos ronda, serta workshop dan kompetisi permainan domino untuk memperebutkan sebuah pohon yang diakui oleh Pak RW 06 (Pimpinan Kampung) Kampung Jawa, Solok dan tokoh masyarakat melalui sebuah sertifikat. Pohon ini ditanamkan di kebun kolektif warga RW 06 sebagai pengakuan keterhubungan warga dengan pemenang kompetisi yang sudah meluangkan waktunya untuk menjadi bagian dari Kampung Jawa. Kehadiran pemenang digantikan oleh sebatang pohon yang terus berkontribusi untuk sekitar.

The Pos Ronda Project
Komunitas Gubuak Kopi (Albert Rahman Putra, Anggraeni Widhiasih, Biki Wabihamdika, Hafizan, M Biahlil Badri, Muhammad Riski, Volta Ahmad Jonneva, Zekalver Muharam) dan kolaborator: Taufiqurrahman Kifu dan Ahlan Maulana.

“Local in the Making”
Kurator: Cha Seung-ju
ARKO Art Center, Seoul, Korea
18 November 2022 – 21 Januari 2023

Related page: arko.or.kr



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.