Presentasi Daur Subur #8 – Downshifting di JILF

Oktober 2022 lalu, Komunitas Gubuak Kopi mempresentasikan proyek Daur Subur #8 bertajuk Downshifting di Galeri Taman Ismail Marzuki (TIM) pada perhelatan Jakarta Internasional Literary Festival (JILF) 2022. Daur Subur adalah sebuah platform studi mengenai kebudayaan yang berkembang di masyarakat pertanian di Sumatera Barat. Platform ini berupaya membaca beragam peristiwa budaya baik itu melalui penelitian, lokakarya, proyek seni, dan praktik artistik lainnya. Setiap tahunnya Daur Subur mengangkat sejumlah tema yang berkelanjutan dalam menggali aspek pengetahuan dari tradisi, dan kearifan lokal dalam memahami persoalan yang berkembang hari ini, dengan tetap sadar akan perkembangan situasi sosial, ekonomi, dan politik.

Tahun 2022, Daur Subur mengangkat tema “Downshifting” atau melambat. Sebuah terma yang menjadi salah satu pilihan masyarakat urban dalam mengkritisi gaya hidup industri yang serba cepat dan instan. Dalam proyek ini Komunitas Gubuak Kopi mengajak publik memahami kembali daur hidup dan pengetahuan, baik itu yang terekam dalam tradisi-tradisi di Minangkabau, maupun sikap rasional dalam kesadaran akan keberlangsungan ruang hidup yang aman dan keselamatan bersama di masa mendatang.

Proyek ini melibatkan 7 partisipan (seniman, penulis, peneliti) kolaborator, dikerjakan melalui metode lokakarya dan berkolaborasi dengan komunitas warga/tetangga di Kelurahan Kampung Jawa, Solok. Para partisipan diajak merespon isu di atas, dengan menyoroti narasi kecil yang berkembang di Kota Solok, Sumatera Barat. Memahami pola gotong royong, pengetahuan tentang pangan, obat, dan tanaman lainnya, serta mengaktivasi pos ronda sebagai ruang/institusi alternatif dalam menyusun dan merencanakan “sistem keamanan lingkungan” yang tidak hanya terbatas pada kejadian-kejadian yang darurat, kriminal, dan kemalingan, tetap juga membangun kebiasaan yang berpihak pada keberlangsungan ruang hidup di lingkup kelurahan. Catatan proyek didokumentasikan dalam bentuk buku dan dipresentasikan di Pos Ronda RW 6 Kelurahan Kampung Jawa, Solok, dalam bentuk open lab, dan dipamerankan TIM pada perhelatan JILF.


Daur Subur #8 – Downshifting
Komunitas Gubuak Kopi (Albert Rahman Putra, Biki Wabihamdika, Hafizan, M Biahlil Badri, Muhammad Riski, Volta Ahmad Jonneva, Zekalver Muharam) dan kolaborator: Ryan Kelana, Mimi Batik, Pesantren Darut Thalib, Kelompok Badunsanak Sampai Gaek.

Presentasi Publik/Open Lab
19-23 Oktober 2022
Pos Ronda Induk (RW06) Kelurahan Kampung Jawa, Solok

Pameran dan Diskusi Publik
Jakarta International Literary Festival (JILF) – Our City in The World
22-26 Oktober 2022
Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya, Jakarta

Related page: Program Daur Subur & Dewan Kesenian Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.