Doa-doa Tentangga di ICAD 2021

Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) adalah perhelatan seni rupa kontemporer dan design yang di inisiasi oleh Yayasan Design+Art Indonesia, Jakarta. Tahun ini ICAD mengangkat tema “Publik” yang dikuratori oleh Hafiz Rancajale. Pada tema kurasi ini Komunitas Gubuak Kopi turut diundang sebagai salah satu seniman kolektif untuk berpameran dalam helat ini.

Merespon tema “Publik” yang diusung oleh ICAD, kami melihat ini sebagai kesempatan berbagi tentang bagaimana Komunitas Gubuak Kopi bekerja bersama tetangga dalam bingkai seni. Membayangkan dampak pandemi di masa medatang, membangun kebiasaan baru, inisiatif baru, atau pun berpijak dari pengetahuan tradisional yang masih relevan berabad-abad dalam memahami pertanian yang aman dan daur hidup sosial yang sehat.

Melalui paltform Daur Subur, Komunitas Gubuak Kopi bersama warga Kelurahan Kampung Jawa dan Pesantren Darut Thalib, mengembangkan sejumlah aktivitas untuk menyikapi keasadaran akan persoalan lingkungan dan ketahanan pangan. Aktivitas tersebut seperti mendaur ulang sampah plastik dengan peralatan sederhana dan mengolah sisa limbah organik dapur menjadi pupuk (kompos).

Melalui sejumlah aktivitas, Komunitas Gubuak Kopi memfasilitasi pertemuan-pertemuan, dan negosiasi untuk mengajak warga, remaja dan tetangga, membentuk sebuah ruang berkumpul, menjaga, mendoakan, dan merawatnya bersama-sama. Mendorong inisiatif sederhana untuk bertanggung jawab dengan sampah sendiri. Warga menyisihkan sampah organik di rumah untuk disumbangkan ke media kompos bersama, menghidupi taman yang dikelola bersama-sama. 

Dalam pameran ini, Komunitas Gubuak Kopi, akan menghadirkan sampel sampah/tanah yang tengah berproses menjadi tanah kompos dalam 16 botol kaca, kompos ini berisikan bahan-bahan dari berbagai rumah warga; zine/buku saku proses sederhana dalam membuat kompos; Dokumentasi; dan mural yang menghadirkan teks seruan untuk menyiapkan masa depan sebagai bagian dari ibadah dan tugas hidup.


Related page: www.arturuaicad.com


Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.