Forum Pembangunan: Komunitas sebagai Stakeholder Pembangunan

Di dalam wacana pembangunan terkini, Community Development telah menjadi model pembangunan yang cukup terbuka terhadap berbagai pendekatan dan strategi. Di dalam pengertian ini, mencakup usulan pembangunan yang berangkat dari akar rumput (bottom-up). Maksudnya, segala upaya masyarakat di dalam menentukan hidup dan masa depan wilayahnya dapat dikatakan sebagai sebuah upaya pembangunan. Maka, pemahaman bahwa masyarakat adalah pihak yang perlu ‘dibangun’ dan bersifat pasif, sudah usang.

Hal ini seiring dengan kenyataan di lapangan, dengan munculnya banyak kelompok masyarakat yang coba mengartikulasikan posisi kritis dan melakukan upaya perubahan konkrit bagi wilayahnya demi hidup yang lebih baik melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah seni-budaya. Lalu, bagaimana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyadari hal ini? Sudahkah menginsafi peran komunitas dan pendekatan seni-budaya sebagai salah satu potensi kuat dan penting di dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan lestari. Forum ini membicarakan hal-hal terkait demi mewujudkan sebuah proses pembangunan yang memberi ruang bagi keterlibatan penuh warga.

Forum Pembangunan #1 – “Komunitas sebagai Stakeholder Pembangunan”
20 Oktober 2023
di Gedung Bappenas – Taman Surapati, Jakarta Pusat

Pembicara :
Drs. Amich Alhumami, Ph.D – Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan (Bappenas)
Albert Rahman Putra (Komunitas Gubuak Kopi)

Moderator : Bunga Siagian (Peneliti/Badan Kajian Pertanahan)

Halaman Terkait: Pusako Tinggi Project


Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.