SUARA PAPAN IKLAN DI TENGGARA FESTIVAL

Catatan Proses Tenggara Festival 2020

Papan Iklan adalah sebuah proyek musik yang dikelola warga ekosistem @rumahtamera, yakni @muhrisky15@zakarzzzz@m.biahlil_badri dan @badikkk. Proyek musik ini hadir dalam format band. Beberapa lagu-lagu mereka mengemas teks-teks yang tersebar di ruang-ruang publik warga Solok. Teks-teks itu seperti iklan dan peringatan yang ditulis warga untuk setiap orang yang melihat. Dan band ini menjadikannya berbunyi dan terdengar.

“Di sini ada jual batako”

“Di sini ada jual pulsa”

… tentu banyak syair warga lainnya.

Kehadiran @papaniklan.pi yang merayakan teks-teks di jalanan dan ruang publik ini, menjadi signifikan memeriahkan festival seni jalanan terbesar di Sumatra ini. Tahun depan kabarnya mereka akan merilis sebuah mini album dong.. Yok pantau terus perkembangan Papan Iklan!. Selain Papan Iklan malam penutupan Tenggara Festival juga dimeriahkan oleh Kisshy Neolle dan Orkes Taman Bunga.

Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.