Remaja Bermedia: Untempang Club

Awal Oktober 2018 lalu, 6 orang remaja datang ke Komunitas Gubuak Kopi untuk belajar bersama program Remaja Bermedia 2018. Remaja ini kemudian broproses lebih dari satu bulan, dan didororong untuk membentuk sebuah kelompok belajar, yakni: Untempang Club. Kelompok ini dimentori oleh kakak di Komunitas Gubuak Kopi. Belajar mengenai dasar-dasar fotografi dan performance art. Selain kakak-kakak di Gubuak Kopi, kelompok ini juga mendapat kesempatan selama kurang lebih dua minggu belajar bersama pemateri tamu. Pemateri tersebut antara lain: Prashasti Wilujeng Putri, seniman performance dan video art dari Jakarta; serta Arum Tresnaningtyas Dayuputri, seniman fotografi, video art, dan musisi dari Bandung.

Setelah lebih dari satu bulan berproses, Untempang Club mendapat kesempatan untuk merancang pameran sendiri dan melakukan presentasi khusus dalam rangkaian pameran multimedia: Lapuak-lapuak Dikajangi #2. Selain itu, remaja ini juga menggelar pameran sederhana di sekolahnya.

Partisipan: Fauziah Halfi (Puji), Sekar Komala (Sekar), Nurul Wulan (Wulan), Ummulhanna (Hana), Ilmi Hafizah  (Ilmi), dan Hanif latifah (Latif).

Portofolio: Untempang Club

Remaja Bermedia adalah sebuah program yang digagas oleh Gubuak Kopi dalam mengembangkan kesadaran bermedia di kalangan remaja. Program ini digagas sejak 2017 lalu melalui rangkaian wokrshop literasi media. Para remaja diajak untuk membentuk kelompok belajar, bermain, mengenal media, memanfaatkan teknologi media yang akrab dengannya sebagai alat untuk berkreativitas serta mengenal lingkungan sekitar. Selain itu para remaja diajak untuk mengalami dan mengelola pameran sederhana sebagai ajang presentasi.

Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.