Daur Subur di Pekan Seni Media 2018

Pekan Seni Media adalah salah satu perhelatan seni media yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ini Pekan Seni Media mengangkat tema Local Genius, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawasi Tengah, dan didukung oleh Forum Lenteng dan Forum Sudut Pandang. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Budaya Sulawesi Tengah, Kota Palu, pada 26 Agustus – 2 September 2018. Perhelatan ini dikuratori oleh Hafiz Rancajale dengan co-kurator Andang Kelana, serta menghadirkan 25 seniman/kolektif media nasional. Salah satunya adalah Gubuak Kopi, yang mempresentasikan program Daur Subur dalam bagian pameran dan artist talk bertajuk Meta Local Genius.

Dalam pameran Gubuak Kopi diwakili oleh Albert Rahman Putra, Muhamad Riski, dan Zekalver Muharam, menghadirkan karya dalam bentuk instalasi ruang kerja Daur Subur. Dalam instalasi tersebut, dihadirkan sejumlah arsip terkait studi teknologi pertanian dalam bentuk sketsa yang sudah dilakukan sejak Juni 2017 lalu. Selain itu, juga dipajang koleksi video Vlog Kampuang, catatan riset, dan audio soundscape aktivitas pertanian.

Web terkait www.senimedia.id
instagram: @senimedia.id


Dokumentasi:

This slideshow requires JavaScript.


Karya seniman lainnya:

This slideshow requires JavaScript.

Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.