Juang Negeri Subur

Batubajanjang adalah salah negeri subur yang berada di kaki Gunung Talang, Solok. Negeri ini terkenal dengan hasil pertaniannya berupa, bawang dan sayur-sayuran yang dijual ke beberapa daerah di Sumatera Barat, Riau, dan Jambi. Sejak Juli 2017, masyarakat Batubajanjang merasa terancam dengan rencana kahadiran proyek geotermal di kampung mereka. Penolakan terjadi di sebagian besar warga, yang dikawatirkan akan merubah drastis sistem sosial, kesuburan, dan polusi lainnya.

Awal Mei 2018 lalu, di kampung yang sebelumnya belum pernah dimasuki tugas militer ini, tiba-tiba terdengar kabar rencana pelatihan militer. Warga menduga hal ada kaitannya dengan upaya merebut lahan mereka untuk proyek geotermal tersebut. Beberapa waktu belakangan TNI juga terlihat datang dan mondar-mandir di kampung dan menarik salah seorang pemuda yang ia sebut sebagai mahasiswa dari Bukittinggi. Alih-alih memberikan rasa aman, kehadiran TNI yang dianggap tidak berpihak pada kemanusian dan kepentingan warga, juga dianggap merusak mental anak-anak mereka.

Vlog by @amathirizqyani
Batubajanjang, 1 Mei 2018

Biasa disapa Rizqy, lahir di Solok Selatan, April 1994. Adalah pemudi yang besar di Kelurahan Kampung Jawa, Solok yang saat ini berdomisili di Tembok. Saat ini tecatat sebagai mahasiawa di Universitas Mahapura Muhammad Yamin (UMMY) Solok, sejak tahun 2012 mendalami ilmu hukum. Selain itu ia juga aktif di organisasi UKM Mapala GEMPA UMMY, di SOARING-Solok Aero Paragliding di Kota Solok, serta sebagai salah satu instruktur outbound di Base Camp Adventure. Memiliki keterarikan dengan aktivitas fotografi dan menulis. Ia adalah salah satu partisipan Lokakarya Media: Kultur Daur Subur oleh Gubuak Kopi (2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.