Lokakarya Daur Subur di Padang Sibusuk

Padang Sibusuk adalah salah satu nagari di Kabupaten Sijunjung, yang beberapa tahun terakhir belakangan mengalami sejumlah perubahan dalam bidang pertanian. Persoalan tersebut antara lain, banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi area pertambangan emas. Hal ini dilatari oleh sejumlah soal, baik itu keinginan masyarakat sendiri, pendidikan, infrastruktur pendukung pertanian, dan kebudayaan agraria itu sendiri. Menarik untuk melihat lebih jauh persoalan ini sebagai bagian dari studi perkembangan budaya agraria terkini di Padang Sibusuk.

Melalui lokakarya kali ini, Gubuak Kopi bersama komunitas lokal PKAN Padang Sibusuk, mengajak para partisipan yang terdiri dari beragam latar belakang pendidikan dan komunitas, untuk terlibat membaca situasi lingkungan dan kebudayaan pertanian di Padang Sibusuk, Kabupaten Sijunjung, secara khusus, dan di Sumatera Barat, secara umum. Mengembangkan praktek media dalam mengarsipkan, memetakan, dan mendistribusikan pengetahuan bermuatan lokal, serta berkolaborasi bersama warga dalam memproduksi seni multimedia, dengan pertanian dan lingkungan hidup sebagai objek isunya. Hasil dari lokakarya ini nantinya akan dipresentasikan dalam betuk pertunjukan dan pameran multimedia. Selain itu, hasil dari lokakarya yang terdiri dari teks, sketsa, dan foto akan didokumentasikan dalam bentuk buku.

7 – 18 Januari 2018

Pusat lokakarya: Kantor PKAN Padang Sibusuk


Fasilitator: Albert Rahman Putra, Delva Rahman, Muhammad Riski, Volta Ahmad Jonneva, Zekalver Muharam

Partisipan: M. Yunus Hidayat (Takasiboe, Solok Selatan), Ade Mukhlas (KSSL,Solok Selatan), Zaki Aziz (Walhi Sumatera Barat), Fani Rovika (Walhi Sumatera Barat), Fadlan Fahrozi (PKAN Padang Sibusuk), Yovi Fardhilas (PKAN Padang Sibusuk), Miftahul Rizki (PKAN Padang Sibusuk), Zeki (PKAN Padang Sibusuk), Budi Santoso (PKAN Padang Sibusuk), Hafizan (Padang)

Materi diskusi dan kuliah umum:

  • Literasi Media (Albert Rahman Putra)
  • Merebut teknologi melalui aksi kesenian (Volta Ahmad Jonneva)
  • Kultur Daur Subur: Memetakan Isu Pertanian Melalui Platform Multimedia (Muhammad Risky)
  • Sejarah Singkat dan Sosio-kultural Padang Sibusuk (Fadlan Fahrozi)
  • Situasi dan kasus-kasus lingkungan hidup di Sumatera Barat (Fani Rovika)

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Gubuak Kopi dan PKAN Padang Sibusuk


 

 

Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.