Open lab: Mamboncah

‘Mamboncah’ adalah rangkaian presentasi publik dari kegiatan Lokakarya Daur Subur di Padang Sibusuk, yang digelar oleh Gubuak Kopi berkolaborasi dengan komunitas Penggerak Kreativitas Anak Nagari (PKAN) Padang Sibusuk. Kegiatan yang disajikan dalam format open lab ini, menyajikan gambaran proses studi pengembangan media dalam membingkai isu-isu terkait kebudayaan pertanian di Padang Sibusuk, terutama isu terkait peralihan fungsi lahan sawah menjadi pertambangan emas, sebagai upaya memahami kebudayaan pertanian masyarakat Padang Sibusuk itu sendiri. Sebelumnya selama lokakarya, selain riset, para partisipan yang teridiri dari beragama latar belakang ini juga mendalami pemahaman terkait literasi media, lingkungan hidup, dan kesenian tradisi.

Kegiatan ini digelar di kantor PKAN Padang Sibusuk, yang sebelumnya merupakan kantor Desa Padang Sibusuk Selatan, pada tanggal 26-27 Januari 2018. Selain bingkaian isu dalam produksi media terkini, open lab ini juga menghadirkan sejumlah arsip pada masa kejayaan pertanian di Padang Sibusuk, serta menghadirkan silat dan tari kreasi, yakni tari panen, yang dimainkan oleh remaja setempat.

Fasilitator: Albert Rahman Putra, Delva Rahman, Muhammad Riski, Volta Ahmad Jonneva, Zekalver Muharam

Partisipan/kolaborator: M. Yunus Hidayat (Takasiboe, Solok Selatan), Ade Mukhlas (KSSL, Solok Selatan), Zaki Aziz (Walhi Sumatera Barat), Fani Rovika (Walhi Sumatera Barat), Fadlan Fahrozi (PKAN Padang Sibusuk), Yovi Fardhilas (PKAN Padang Sibusuk), Miftahul Rizki (PKAN Padang Sibusuk), Zeki (PKAN Padang Sibusuk), Nuzul Ichsan (PKAN Padang Sibusuk), Hafizan (Padang)

This slideshow requires JavaScript.


Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.