Bararak di Buluah Kasok

Vlog Kampuang – Bararak di Buluah Kasok

Bararak atau arak-arakan adalah salah satu tradisi di Minangkabau untuk merayakan dan memperkenalkan sebuah peristiwa yang dianggap penting untuk diketahui oleh masyarakat suatu kampung. Video berikut adalah tradisi bararak di Nagari Buluh Kasok, Sijunjung, Sumatera Barat, dalam rangka memperkenalkan pengantin baru. Setiap nagari memiliki ciri khas dan inovasi masing-masing dalam pelaksanaan arak-arakan. Salah satu yang menarik dari bararak di Buluh Kasok adalah pemusik arakan yang lebih ramai dan tambahan alat musik mini organ (dibaca: orgen) yang terhubung pada soundsystem dengan pengeras suara toa, yang ikut diarak dengan gerobak.

Vlog by @albertrahmanp
Sijunjung, 27 Juni 2017

________________
Vlog Kampuang: Program produksi karya audiovisual dengan pendekatan video diary yang dilakukan oleh Gubuak Kopi dan warga pengguna telepon pintar untuk merekam persoalan-persoalan atau narasi-narasi lokal yang ada di Solok secara khusus, dan Sumatera Barat, secara umum. Karya-karya audiovisual yang terkumpul didistribusikan secara online melalui kanal YouTube Gubuak Kopi.

Albert Rahman Putra (Solok, 31 Oktober 1991) adalah lulusan Jurusan Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Dia adalah pendiri Komunitas Gubuak Kopi dan kini menjabat sebagai Ketua Umum. Albert aktif sebagai penulis di akumassa.org. Pernah terlibat dalam Proyek Seni DIORAMA Forum Lenteng. Ia juga memiliki minat dalam kajian yang berkaitan dengan media, musik, dan sejarah lokal Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *