Kreasi Sore Buya Khairani

Vlog Kampuang – Kreativitas Sore Buya Khairani

Suatu sore kami menemui Buya Khairani di rumahnya. Seorang tokoh masyarakat di Kelurahan Kampung Jawa, yang selalu berbagi pengetahuan-pengetahuan adat bersama kami. Kami mendapati dirinya dengan sibuk mengasah yang akan menjadi sarung sebuah keris katanya. Keris, gagang dan sarungnya ia buat sendiri dari material yang ada disekitarnya. Sore itu ia juga mengeluarkan beberapa kerajinan lainnya, seperti kapal-kapal yang ia buat dari kayu-kayu sisa pagar, pesawat-pesawat, mobil-mobilan, dan lainnya. Ia sewaktu muda sebelumnya juga sering melakukan ini, dan baru akhir-akhir ini ia kembali mengasah kemampuannya ini, sembari menghabiskan sore.

vlog by @albertrahmanp
Solok, 30 Mei 2017
_______________________
Vlog Kampuang: Program produksi karya audiovisual dengan pendekatan video diary yang dilakukan oleh seluruh anggota Komunitas Gubuak Kopi untuk merekam persoalan-persoalan atau narasi-narasi lokal yang ada di Solok secara khusus, dan Sumatera Barat, secara umum. Karya-karya audiovisual yang terkumpul akan didistribusikan secara online melalui kanal YouTube Gubuak Kopi.

Postingan Terkait

Albert Rahman Putra (Solok, 31 Oktober 1991) adalah lulusan Jurusan Seni Karawitan, Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Dia adalah pendiri Komunitas Gubuak Kopi dan kini menjabat sebagai Ketua Umum. Albert aktif sebagai penulis di akumassa.org. Pernah terlibat dalam Proyek Seni DIORAMA Forum Lenteng. Ia juga memiliki minat dalam kajian yang berkaitan dengan media, musik, dan sejarah lokal Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *