Sosialisasi Seni Media

Direktorat Kesenian, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 3-4 April 2017 lalu, melakukan kegiatan Sosialisasi Seni Media, sebagai rangkaian menjelang Pekan Seni Media di Pekan Baru, Riau, pada Juli 2017 nanti. Kegiatan ini diadakan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Padangpanjang, Sumatera Barat. Di sini, Direktorat Kesenian Kemendikbud, berkerja sama dengan mitra lokal antara lain, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dan Gubuak Kopi.

Gubuak Kopi hadir sebagai fasilitator dan salah satu organisasi yang telah bergulat di bidang seni media, atau pengembangan media berbasis komunitas di lingkup lokal. Kegiatan ini menghadrikan tiga orang narasumber, yakni Anton Ismael, pendiri ruang belajar fotografi yang dikenal dengan Kelas Pagi; Khrisna Murti, adalah salah seorang seniman video yang paling awal mengembangkan seni video di Indonesia; dan yang ketiga, Mahardhika Yudha, direktur Ok.video, sebuah festival seni media skala Internastional yang berbasis di Jakarta. Sosialisasi ini dimoderatori oleh Albert Rahman Putra, pegiat media di Gubuak Kopi.

This slideshow requires JavaScript.

Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok belajar seni dan media yang berbasis di Kota Solok, sejak tahun 2011. Kelompok ini berfokus pada pengembangan seni sebagai metode riset. Serta menjembatani kolaborasi profesional (seniman, peneliti, dan penulis) dan warga dalam mendedah persoalan-persoalan budaya lokal di Solok secara khusus dan Sumatera Barat secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.