Sosialisasi Seni Media

Direktorat Kesenian, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 3-4 April 2017 lalu, melakukan kegiatan Sosialisasi Seni Media, sebagai rangkaian menjelang Pekan Seni Media di Pekan Baru, Riau, pada Juli 2017 nanti. Kegiatan ini diadakan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Padangpanjang, Sumatera Barat. Di sini, Direktorat Kesenian Kemendikbud, berkerja sama dengan mitra lokal antara lain, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dan Gubuak Kopi.

Gubuak Kopi hadir sebagai salah satu organisasi yang telah bergulat di bidang seni media, atau pengembangan media berbasis komunitas di lingkup lokal. Kegiatan ini menghadrikan tiga orang narasumber, yakni Anton Ismael, pendiri ruang belajar fotografi yang dikenal dengan Kelas Pagi; Khrisna Murti, adalah salah seorang seniman video yang paling awal mengembangkan seni video di Indonesia; dan yang ketiga, Mahardhika Yudha, direktur Ok.video, sebuah festival seni media skala Internastional yang berbasis di Jakarta. Sosialisasi ini dimoderatori oleh Albert Rahman Putra, pegiat media di Gubuak Kopi.

Postingan Terkait

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Seni dan Media Gubuak Kopi, atau lebih dikenal dengan nama Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok, berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini berfokus pada penelitian dan pengembangan pengetahuan seni dan media berbasis komunitas di lingkup lokal kota Solok, Sumatera Barat. Gubuak Kopi memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan literasi media melalui kegiatan-kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional (seniman, penulis, dan peneliti) dan warga secara partisipatif, mengembangkan media lokal dan sistem pengarsipan, serta membangun ruang alternatif bagi pengembangan kesadaran kebudayaan di tingkat lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *