Sinema di Pojok Kampung Kita

Dalam rangka merayakan Hari Film Nasional 2017, Komunitas Gubuak Kopi bersama Pusat Pengembangan (Pusbang) Film Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, serta melibatkan Organisasi Pemuda Kelurahan Kampung Jawa Solok, menggelar perayaan dalam bentuk penayangan khusus, dengan tajuk “Sinema di Pojok Kampung Kita” tema ini dipilih spesifik oleh Komunitas Gubuak Kopi, mengajak para penikmat dan pegiat filem ikut menyoroti situasi perkembangan sinema di perkampungan sekalipun, perkampungan yang tidak bisa pula pungkiri sebagai bagian dari wajah nasional.

Dalam kesempatan ini, Komunitas Gubuak Kopi bersama panitia hari film nasional Pusbang Film Kemendikbud RI, telah menyiapkan beberapa filem yang menarik untuk umpan pembacaan, apa itu filem dan sinema nasional.

 

Penayangan “Darah dan Doa” karya Usmar Ismail, 1950

& Ngobrol Sinema Indonesia

Sabtu, 25 Maret 2017

16.00 WIB

di Galeri Gubuakkopi


Penayangan program filem pendek

“Mencari Indonesia”

Sabtu, 25 Maret 2017

20.00 WIB

di Lapangan Pemuda RW VI (Pacuan Kuda, Ampang Kualo)

Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok


Penayangan “Tiga Djanggo” karya Nawi Ismail, 1976

Minggu, 26 Maret 2017

20.00 WIB

di Lapangan Bulu Tangkis RW V

Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok.

Postingan Terkait

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Seni dan Media Gubuak Kopi, atau lebih dikenal dengan nama Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok, berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini berfokus pada penelitian dan pengembangan pengetahuan seni dan media berbasis komunitas di lingkup lokal kota Solok, Sumatera Barat. Gubuak Kopi memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan literasi media melalui kegiatan-kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional (seniman, penulis, dan peneliti) dan warga secara partisipatif, mengembangkan media lokal dan sistem pengarsipan, serta membangun ruang alternatif bagi pengembangan kesadaran kebudayaan di tingkat lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *