Workshop Komik: Penciptaan Karakter Lokal

Kamis, 16 maret 2017 lalu, telah dibukan kegiatan Workshop Komik: Pencipataan Karakter Lokal Hotel Grand Zuri, Padang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif Sumatera Barat dalam hal menciptakan karakter komik. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari terhitung tanggal 16-18 Maret 2017. Workshop ini diikuti 50 orang perwakilan yang berasal dari kelompok/komunitas dan mahasiswa dari setiap daerah di Sumatera Barat, yang aktif dalam bidang komik dan desain di Sumatera Barat. Setidaknya para peserta diseleksi, setidaknya dianggap memiliki kemampuan dasar menggambar yang baik dan  memiliki pemahaman dasar estetika visual yang baik.

Ada pun tujuan  tujuan terselenggaranya acara  tersebut untuk menjaring generasi muda di daerah yang memiliki kemampuan menggambar komik dengan menciptakan karakter komik dalam konteks cerita / penemuan, sejarah dan budaya. Kegiatan ini salah satunya dipandu oleh Ben Rahardian, seorang Komikus asal Jakarta. Khususnya membimbing para peserta dalam mengatur alur cerita.

Dalam hal ini, Zekalver Muharam mewakili Komunitas Gubuak Kopi, Solok, ikut berpartisipasi sebagai peserta. Dalam kegiatan ini, Materi difokuskan pada pembacaan tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap budaya di daerah melalui komik, serta strategi-strategi yang dilakukan oleh tiap-tiap kelompok untuk mengembangkan pengetahuan komik sesuai dengan situasi kebudayaan lokal. Kegiatan ini di antaranya juga ditujukan untuk menemukan rekomendasi kebijakan yang berkaitan dalam pengembangan pengetahuan komik khusus nya di Sumatera Barat.

Dengan terselenggaranya pelatihan tersebut, para peserta nantinya diharapkan mampu menularkan informasi yang didapat kepada generasi muda yang ada di daerahnya. Kedepannya, diharapkan baik tokoh nasional maupun daerah bisa kembali hidup dan digemari generasi muda yang telah dikemas dalam bentuk komik.

 

 

Postingan Terkait

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Seni dan Media Gubuak Kopi, atau lebih dikenal dengan nama Komunitas Gubuak Kopi adalah sebuah kelompok studi budaya nirlaba yang berbasis di Solok, berdiri sejak tahun 2011. Komunitas ini berfokus pada penelitian dan pengembangan pengetahuan seni dan media berbasis komunitas di lingkup lokal kota Solok, Sumatera Barat. Gubuak Kopi memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan literasi media melalui kegiatan-kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional (seniman, penulis, dan peneliti) dan warga secara partisipatif, mengembangkan media lokal dan sistem pengarsipan, serta membangun ruang alternatif bagi pengembangan kesadaran kebudayaan di tingkat lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *