DOC. KELAS BACA BERJAMAAH – BLACK BEAUTY

Kali ini kelas baca berjamaah Kelompok Barajafilem dan Komunitas Gubuak Kopi dapat buku baru, sesuai yang dijanjikan oleh Albert Rahman Putra sebelumnya (lihat:KELAS BACA BERJAMAAH – GERIMIS SEPANJANG TAHUN), bahwa kali ini kelas jamaah – selain mengembangkan budaya membaca – akan mengajak anak-anak semakin akrab dengan “menyayangi semua makhluk hidup”.

Black Beauty karya Anna Sewell adalah salah satu buku legendaris yang direkomendasikan untuk dibaca segala umur, terutama untuk melatih empati anak-anak terhadap setiap makhluk yang hidup. Di Solok, binatang sering kali diperlakukan sebagai benda, mainan, atau makhluk yang tidak bernyawa. Kita bisa lihat pembasmian anjing yang secara terang-tarangan, menjadikan binatang sebagai alat kemewahan, jual beli kulit, taring, kuda yang dipaksa melakukan perkejaan berat, dan lain sebagainya yang bisa kita saksikan langsung saat ini.

Sempat hadir beberapa masukan mengenai, bagaiman kalau kelas baca ini juga diiringi dengan peragaan ekspresi atau sejenisnya. Misal ketika si kuda merengek, maka si pembaca juga merengek. Masukan ini sangat bagus dan menjadi tantangan sendiri bagi kami. Tapi kali ini, kita sedang fokus pada kebiasaan mereka untuk membaca dan disimak oleh teman-temannya secara bergilir. Sebelumnya metode penggunaan eskpresi ini pernah kami coba, alhasil mereka jadi pasif dan penonton saja. Barang kali setelah ini akan lebih menarik, ketika mereka sudah terbiasa memahami setiap kalimat yang dibaca temannya lalu nantinya juga dilanjutkan dengan ekspresi.


Buku ini diperoleh atas nama @wenemosparlo, salah satu proyek yang dikelola @albertrahmanp untuk mengembangkan kepedulian terhadap makhluk yang bernyawa.

Mari ajak adik-adik kita dan saudara-saudara kita untuk mencintai semua makhluk hidup.

Desember 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.